Kaki Sering Pegal-pegal? Waspada Penyakit Pembuluh Darah yang Mematikan

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Kaki pegal-pegal sepulang belanja atau berjalan jauh mungkin sudah dianggap hal biasa oleh kebanyakan masyarakat. Tapi sebaiknya jangan dipandang remeh, sebab kaki pegal merupakan gejala awal dari penyakit pembuluh darah vena yang mematikan.

"Wanita pulang belanja kakinya pegal-pegal, sebaiknya di-check up apakah itu pegal biasa atau katup vena (pembuluh darah balik) tidak berfungsi dengan baik," jelas Dr dr Ismoyo Sunu, Sp.JP (K), Kepala Divisi Pelatihan dan Pendidikan, RS Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita, dalam acara konferensi pers 'Intervensi Vaskular pada Pembuluh Darah Tepi (Perifer)' di RSJPD Harapan Kita, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Dr Ismoyo berpesan jangan sampai gejala pegal-pegal di kaki disepelekan dan baru datang ke rumah sakit setelah kaki menghitam atau terlanjur timbul borok (luka infeksi). "Kalau begini jangan dipijat karena timbul bekuan darah dari pembuluh darah vena yang katubnya tidak berfungsi," lanjutnya.

Pemijatan pada kaki bisa menyebabkan bekuan darah tersebut masuk ke paru-paru. Dan jika bekuan darah yang masuk ukurannya cukup besar, maka penanganannya akan sangat sulit. "Ini sangat mengancam jiwa," tandas Dr Ismoyo.

Memang tidak semua pegal adalah gejala dari penyakit pembuluh darah tepi pada kaki. Namun orang-orang yang berisiko tinggi hendaknya waspada dengan penyakit yang sama mematikannya dengan penyakit jantung ini.

Dr Ismoyo menyebutkan faktor risiko atau penyebab terjadinya penyakit pembuluh darah tepi antara lain:

1. Merokok
2. Kadar kolesterol tinggi
3. Tekanan darah tinggi
4. Kadar gula darah tinggi
5. Diabetes mellitus (kencing manis)
6. Obesitas (kegemukan)
7. Riwayat keluarga

"Jauh sebelum menderita penyakit pembuluh darah tepi, penting untuk melakukan screening atau check up. Jangan hanya check up untuk penyakit jantung, tapi juga pembuluh darah tepi," tutupnya.

(mer/vta)

13 Jun, 2013


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2d3b367e/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C130C170A4190C22727480C7630Ckaki0Esering0Epegal0Epegal0Ewaspada0Epenyakit0Epembuluh0Edarah0Eyang0Emematikan/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com