Daftar Obat Formularium Nasional akan Rampung Juli 2013

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Daftar obat Formularium Nasional (Fornas) diperkirakan akan selesai pada bulan Juli 2013. Nantinya daftar obat tersebut akan disahkan oleh Menteri Kesehatan dengan didukung adanya daftar harga obat dan e-catalog.

"Setelah Fornas ini rampung bulan depan, ketersediaan stok obat di tiap-tiap daerah di Indonesia akan terjamin," ujar Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Maura Linda Sitanggang,Apt.,Ph.D dalam temu media tentang Formularium Obat untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (17/6/2013).

Formularium Nasional merupakan daftar obat yang disusun oleh Komite Nasional Formularium Nasional berdasarkan bukti ilmiah mutakhir, paling berkhasiat, aman, dan harga terjangkau. Daftar obat ini disediakan serta digunakan sebagai acuan untuk penulisan resep dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Kebutuhan obat per kabupaten di Indonesia sudah dijamin oleh produsen obat. Sehingga dinas kesehatan harus mengaturnya dengan baik sesuai dengan e-catalog," jelas Linda.

Menurutnya, obat kanker juga termasuk dalam Fornas. "Yang terpenting obat tersebut memenuhi kriteria aman, berkhasiat, dan terjangkau oleh masyarakat," kata Linda.

Daftar obat dan e-catalog memiliki berbedaan. Daftar obat adalah jenis-jenis obat esensial apa saja yang terdaftar dalam Fornas. Sedangkan e-catalog adalah harga jual per satuan tiap obat tersebut.

"Jadi petugas di daerah hanya tinggal melakukan e-purchasing saja karena ketersediaan obat sudah dijamin oleh produsen (perusahaan farmasi)," jelas Linda.

(vit/vit)

17 Jun, 2013


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2d64926f/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C170C1745450C22760A160C7630Cdaftar0Eobat0Eformularium0Enasional0Eakan0Erampung0Ejuli0E20A13/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com